Pemasaran Grand Strategy dan 7P Marketing Mix pada Perbankan Syariah
A. Strategi Pemasaran Perbankan Syariah berdasarkan Grand Strategy
Berdasarkan
kondisi dan isu strategis yang dihadapi oleh industry perbankan syariah
nasional, maka disusunlah visi pengembangan perbankan syariah nasioanla yaitu “Mewujudkan perbankan syariah yang
berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, pemerataan
pembangunan dan stabilitas system keuangan serta berdaya saing tinggi”
Visi diatas tertuang pada roadmap perbankan syariah 2015-2019 yang diterbitkan oleh OJK, adalah sebagai berikut:
- Memperkuat sinergi kebijakan antara otoritas dengan pemerintah dan stakeholder lainnya
- Memperkuat permodalan dan skala usaha serta memperbaiki efisiensi dengan program kerjanya
- Memperbaiki struktur dana untuk mendukung perluasan segmen pembiayaan
- Memperbaiki kualitas layanan dan kergaman produk
- Memperbaiki kuantitas dan kualitas SDM & TI serta infrastruktur lainnya
- Meningkatkan literasi dan preferensi masyarakat
- Memperkuat serta harmonisasi pengaturan dan pengawasan
B. 7P marketing mix
Penjelasan
|
Contoh
|
|
Produk
|
Produk
yang dihasilkan oleh perbankan syariah bukanlah berupa barang, melainkan
jasa.
|
Tabungan,
Depossito, Giro dll
|
Price
|
Perbankan Syariah
menetapkan harga sesuai dengan harga pasar dengan tidak melupakan prinsip
syariah
|
Mudharabah, Musharakah, Murabahah, Ijarah
|
Place
|
Tempat
atau saluran distribusi
|
KP,
KC, KCP
|
Promotion
|
Promosi dilakukan
untuk menanamkan citra merk (brand image) agar lebih dikenal keberadaannya
|
Iklan, Brosur, Seminar
|
People
|
Sumber
Daya Manusia
|
SDM
yang ada pada Bank Syariah itu sendiri, Nasabah
|
Process
|
Proses atau mekanisme
yang terjadi di Bank Syariah
|
Tata cara transaksi
|
Physical
evidence
|
Bukti
Fisik
|
Testimony
orang-orang yang telah menggunakan jasa Perbankan Syariah
|
Comments
Post a Comment