potensi sumber daya alam


Potensi Sumber Daya Alam

sumber daya alam adalah semua yang ada di alam, baik berupa makhluk hidup maupun benda mati, yang terdapat di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Berdasarkan letaknya, sumber daya alam ada yang berada di bawah permukaan bumi, di permukaan bumi, dan di dalam bumi (di bawah permukaan bumi).

o    Sumber daya alam yang berada di atas permukaan bumi, misalnya udara, cahaya matahari, dan ruang angkasa.
o   Sumber daya alam yang berada di permukaan bumi, meliputi tanah, air, dan hutan.
o   Sumber daya alam yang ada di bawah permukaan bumi, meliputi aneka ragam barang tambang dan mineral, seperti minyak bumi, batu bara, emas, timah, dan bijih besi.

Berdasarkan jumlahnya,

v  Ada sumber daya alam yang terdapat di semua daerah (seperti udara dan sinar matahari).
v  Ada sumber daya alam yang hanya berada di daerah-daerah tertentu (seperti emas,batu bara, dan minyak bumi)

Berdasarkan prosesnya, sumber daya alam tersedia melalui dua proses utama.
Ø  Proses alamiah dan membutuhkan waktu jutaan tahun, seperti, minyak bumi, batu bara, tanah, emas.
Ø  Proses yang disengaja atau diusahakan oleh manusia (seperti hasil perkebunan dan peternakan) yang membutuhkan waktu yang cukup singkat.

1.       menurut proses terbentuknya, sumber daya alam dibedakan menjadi dua golongan, yaitu sumber daya fisik dan sumber daya biotik.
Sumber daya fisik adalah sumber daya alam yang terbentuk dari proses alamiah dan membutuhkan waktu yang lama dengan intensitas tertentu.
Sumber daya biotic adalah sumber daya yang dapat tumbuh dan berkembang biak.

2. Menurut sifat kemungkinan pengolahannya, dibagi menjadi tiga golongan, sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, sumber daya alam yang dapat diperbarui, sumber daya alam yang selalu tersedia.

a)       Sumber daya alam yang tidak dapat di perbarui.
Jenisnya berupa sumber daya alam abiotik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda mati, misalnya mineral atau bahan tambang.

b)      sumber daya alam yang dapat di perbarui.
Sumber daya alam yang jika telah terpakai masih dapat menghasilkan sumber daya yang baru dan dapat di perbanyak jumlahnya, misalnya tanaman pangan dan hewan-hewan ternak.

c)       sumber daya alam yang selalu tersedia.
Jenis sumber daya alam yang selalu tersedia, antara lain udara dan sinar matahari. Udara dapat di manfaatkan untuk bernapas, pembangkit listrik tenaga angina dan penghantar gelombang radio untuk telekomunikasi.
Sinar matahari dapat di manfaatkan sebagai sumber energi bagi kehidupan dan sebagai tenaga listrik dengan menggunakan sel matahari.
Sumber daya alam juga dapat pula di bedakan berdasarkan drajat nilai ekonomisnya (sumber daya alam bernilai ekonomis dan sumber daya alam bernilai non ekonomis).

Comments

Popular posts from this blog

Perbankan Syariah (Fungsi, Peran dan Tujuan)

Perencanaan Pesan-pesan Bisnis

Jawaban Problems dari Buku Financial Management Theory and Practice