peranan komunikasi dalam dunia bisnis (softskill1)
A. PENYELENGGARAAN KOMUNIKASI DENGAN PASAR
Penyelenggaraan komunikasi dengan
pasar, merupakan suatu syarat mutlak bagi setiap produsen yang menghasilkan
produk secara besar-besaran yang ditujukan kepada para konsumen yang tidak
dikenalnya. Penyelenggaraan komunikasi dengan pasar juga berarti suatu syarat
mutlak bagi setiap pengusaha yang ingin menjamin kelangsungan hidup
perusahaannya dan terus maju berkembang.
Dalam lingkungan bisnis, ada aneka
sarana komunikasi perdagangan yang dapat dipergunakan para pengusaha untuk
berkomunikasi dengan masyarakat konsumen. Sarana-sarana komunikasi perdagangan
yang tersedia antara lain adalah wujud pengiriman surat, pengiriman kawat,
percakapan telepon, kunjungan pribadi, dan lain-lain.
B. KONSEP
DASAR DAN PERANAN KOMUNIKASI
Komunikasi merupakan suatu kegiatan
menusia untuk berhubungan satu dengan yang lain secara otomatis. Sehingga
sering terlupakan bahwa keterampilan berkomunikasi adalah merupakan suatu hasil
dari belajar manusia.
Komunikasi pada umumnya diartikan
sebagai hubungan atau kegiatan-kegiatan yang kaitannya dengan masalah hubungan
atau diartikan pula sebagai saling tukar menukar pendapat. Komunikasi dapat
juga diartikan hubungan kontak antara manusia baik individu maupun kelompok.
Menurut James A. F. Stoner
(Manajemen), Komunikasi adalah proses dimana seorang berusaha memberikan
pengertian dengan cara pemindahan pesan.
Oleh karena itu komunikasi merupakan
dasar tindakan serta dasar kerjasama maka hanya adanya kesepakatan atas dasar
tindakan serta kerjasama itulah kegiatan yang ada di dalam setiap lingkungan
dapat berlangsung secara harmonis.
C. TUJUAN
KOMUNIKASI
Yang
menjadi tujuan dari setiap proses komunikasi adalah :
1. Menciptakan pengertian yang sama atas
setiap pesan dan lambing yang disampaikan
2. Merangsang pemikiran pihak penerima untuk memikirkan pesan dan rangsang yang diterima.
3. Melakukan tindakan yang selaras sebagaimana diharapkan dengan adanya penyampaian pesan tersebut yaitu untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
4. Memahami orang lain, kita sebagai komunikator harus mengerti benar aspirasi masyarakat tentang apa yang diinginkan, jangan mereka menginginkan kemauannya.
2. Merangsang pemikiran pihak penerima untuk memikirkan pesan dan rangsang yang diterima.
3. Melakukan tindakan yang selaras sebagaimana diharapkan dengan adanya penyampaian pesan tersebut yaitu untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
4. Memahami orang lain, kita sebagai komunikator harus mengerti benar aspirasi masyarakat tentang apa yang diinginkan, jangan mereka menginginkan kemauannya.
D. KOMUNIKASI TATAP MUKA
Komunikasi tatap muka adalah suatu bentuk komunikasi yang mempertemukan secara tatap muka pihak komunikator dan komunikan. Pesan disampaikan secara langsung dari komunikator, dan secara langsung dapat langsung menerima umpan balik/feedback dari komunikan.
Keuntungan menggunakan komunikasi interpersonal tatap muka adalah kita dapat melihat respon balik atau umpan balik komunikan saat melakukan proses interaksi. Jika umpan balik yang diberikan bersifat positif, maka kita pesan kita dapat diterima dengan baik oleh komunikasn. Sebaliknya bila respon bersifat negative, maka kita sebagai komunikator harus memperbaiki cara penyampaian pesan yang dimaksud.
Kelemahan dari komunikasi tatap muka adalah ketidak efektifan waktu. Komunikator dan komunikan harus bertemu dalam melakukan proses komunikasi dan menghabiskan waktu bersama di sebuah tempat. Memang, sebenarnya komunikasi tatap muka dapat menjadi lebih efektif bila melakukan hal melobby yang biasa dilakukan oleh para pimpinan perusahaan dengan pimpinan perusahaan lainnya.
Comments
Post a Comment