Pengorganisasian Pesan-Pesan Bisnis
Hal-hal yang menyebabkan pesan-pesan tak terorganisasi:
- Bertele-tele
- Memasukkan bahan-bahan yang tidak relevan
- Menyajikan ide-ide secara tidak logis
- Informasi penting kadangkala tidak tercakup dlm pembahasan
Bagaimana Tingkat Pemahaman Audience
Ketika menyiapkan pesan-pesan, latar belakang audience seperti tingkat pendidikan, usia dan pengalaman perlu diperhatikan. Jika komunikator memiliki latar belakang yang jauh. Jika komunikator dan audience memiliki latar belakang yang jauh berbeda, perlu diputuskan terlebih dahulu seberapa jauh audience tersebut harus dididik.
Cara memuaskan kebutuhan akan informasi audience
Ada lima tahapan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan audience:
- Temukan / cari apa yang diinginkan oleh audience komunikator harus menentukan apa yang ingin mereka ketahui dan segera memberikan informasi yang diminta.
- Antisipasi terhadap pemyataan yang tak diungkapkan: berikan tambahan informasi yang mungkin sangat membantu
- Berikan semua informasi yang diperlukan lakukan: checking terhadap informasi yang diinginkan
- Yakinkan bahwa informasinya akurat
- Tekankan ide-ide yang paling menarik bagi audience
sumber : elqorni
Comments
Post a Comment