Pengorganisasian Pesan-Pesan Bisnis

Hal-hal yang menyebabkan pesan-pesan tak terorganisasi:

  1. Bertele-tele
  2. Memasukkan bahan-bahan yang tidak relevan
  3. Menyajikan ide-ide secara tidak logis
  4. Informasi penting kadangkala tidak tercakup dlm pembahasan

Bagaimana Tingkat Pemahaman Audience


Ketika menyiapkan pesan-pesan, latar belakang audience seperti tingkat pendidikan, usia dan pengalaman perlu diperhatikan. Jika komunikator memiliki latar belakang yang jauh. Jika komunikator dan audience memiliki latar belakang yang jauh berbeda, perlu diputuskan terlebih dahulu seberapa jauh audience tersebut harus dididik.


Cara memuaskan kebutuhan akan informasi audience


Ada lima tahapan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan audience:



  1. Temukan / cari apa yang diinginkan oleh audience komunikator harus menentukan apa yang ingin mereka ketahui dan segera memberikan informasi yang diminta.
  2. Antisipasi terhadap pemyataan yang tak diungkapkan: berikan tambahan informasi yang mungkin sangat membantu
  3. Berikan semua informasi yang diperlukan lakukan: checking terhadap informasi yang diinginkan
  4. Yakinkan bahwa informasinya akurat
  5. Tekankan ide-ide yang paling menarik bagi audience

sumber : elqorni

Comments

Popular posts from this blog

Perbankan Syariah (Fungsi, Peran dan Tujuan)

Perencanaan Pesan-pesan Bisnis

Jawaban Problems dari Buku Financial Management Theory and Practice