Friday, June 21, 2013

Revisi Pesan-Pesan Bisnis (sofskill14)

Revisi (perbaikan)merupakan tahap terakhir dalam proses penyusunan pesan bisnis.
Pada tahap ini, dilakukan kegiatan penyuntingan (editing), menulis ulang pesan, memproduksi pesan, dan mencetak pesan. Tahap revisi itu perlu dilakukan untuk memastikan bahwa pesan yang direncanakan dan disusun sudah bebas dari kesalahan.

Pedomannya :
Apakah sudah mencakup semua butir?
Apakah susunan sudah bertalian secara logis?
Apakah sudah ada keseimbangan antara informasi umum dan spesifik?
Apakah gagasan yang paling penting sudah mendapat porsi cukup dan ditempatkan pada posisi menonjol?
Apakah dukungan sudah cukup dan fakta diperiksa ulang?
Apakah lebih meyakinkan bila pesan diatur dalam susunan yang berbeda?
Apakah perlu menambahkan sesuatu?

Menyunting Pesan (Editing)Meninjau Ulang Gaya dan Kemudahan Pembaca
 Apakah informasi penting telah ditekankan secara efektif?
 Apakah paragraf memiliki kalimat topik yang jelas?
 Apakah peralihan antara gagasan jelas?
 Apakah terdapat istilah atau jargon yang tidak familiar?
 Apakah terdapat penggunaan bahasa yang berlebihan?
 Bagaimana pengaruh pilihan kata terhadap pembaca?Menulis Ulang Pesan

Kesalahan yang sering dilakukan pelaku bisnis :
Hanya memindahkan kata-kata dan tidak benar-benar memperbaikinya.Tidak melakukan penulisan ulang karena dianggap membuang waktu.
Mengirim dokumen pada saat-saat terakhir dibutuhkan. Ketika menulis ulang, perhatian tijukan pada setiap kata yang memberikan kontribusi pada kalimat yang efektif dan pengembangan kalimat agar menjadi paragraf yang bertalian secara logis.
Banyak dokumen bisnis yang membengkak karena menggunakan kata-kata dan ungkapan yang tidak perlu.
Bagaian-bagian yang mengganggu sebaiknya dihilangkan atau dihapus, tentunya setelah terlebih dahulu menyimpan versi asli sebelumnya.

MEMPRODUKSI PESAN
Setelah puas dengan isi pesan, organisasi, gaya, kemudahan dibaca, pilihan kata, pengembangan paragraf, dan menulis ulang pesan, selanjutnya perlu ditulis ulang dengan baik atau diketik secara manual atau elektronis.
Desain pesan yang efektif akan memberi pedoman kepada pembaca dalam menyimak seluruh isi dokumen.
Desain yang efektif menjadi sasaran penting dalam memproduksi pesan.
Agar desain efektif:
 Konsistensi
Seimbang
Terkendali
Rincian

Sumber :unikom

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...