Pemasaran Grand Strategy dan 7P Marketing Mix pada Perbankan Syariah

A. Strategi Pemasaran Perbankan Syariah berdasarkan Grand Strategy

Berdasarkan kondisi dan isu strategis yang dihadapi oleh industry perbankan syariah nasional, maka disusunlah visi pengembangan perbankan syariah nasioanla yaitu “Mewujudkan perbankan syariah yang berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan dan stabilitas system keuangan serta berdaya saing tinggi”

Visi diatas tertuang pada roadmap perbankan syariah 2015-2019 yang diterbitkan oleh OJK, adalah sebagai berikut:
  • Memperkuat sinergi kebijakan antara otoritas dengan pemerintah dan stakeholder lainnya
  • Memperkuat permodalan dan skala usaha serta memperbaiki efisiensi dengan program kerjanya
  • Memperbaiki struktur dana untuk mendukung perluasan segmen pembiayaan
  • Memperbaiki kualitas layanan dan kergaman produk
  • Memperbaiki kuantitas dan kualitas SDM & TI serta infrastruktur lainnya
  • Meningkatkan literasi dan preferensi masyarakat
  • Memperkuat serta harmonisasi pengaturan dan pengawasan

B. 7P marketing mix


Penjelasan
Contoh
Produk
Produk yang dihasilkan oleh perbankan syariah bukanlah berupa barang, melainkan jasa.
Tabungan, Depossito, Giro dll
Price
Perbankan Syariah menetapkan harga sesuai dengan harga pasar dengan tidak melupakan prinsip syariah
Mudharabah, Musharakah, Murabahah, Ijarah
Place
Tempat atau saluran distribusi
KP, KC, KCP
Promotion
Promosi dilakukan untuk menanamkan citra merk (brand image) agar lebih dikenal keberadaannya
Iklan, Brosur, Seminar
People
Sumber Daya Manusia
SDM yang ada pada Bank Syariah itu sendiri, Nasabah
Process
Proses atau mekanisme yang terjadi di Bank Syariah
Tata cara transaksi
Physical evidence
Bukti Fisik
Testimony orang-orang yang telah menggunakan jasa Perbankan Syariah

Comments

Popular posts from this blog

Perbankan Syariah (Fungsi, Peran dan Tujuan)

Perencanaan Pesan-pesan Bisnis

Jawaban Problems dari Buku Financial Management Theory and Practice